HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 MOTOLING
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara metode pembelajaran diskusi dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Agama di SMA Negeri 1 Motoling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan yaitu 30 siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Motoling yang merupakan perwakilan dari Kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi dengan teknlik analisi data yang digunakan adalah uji validalitas Product Moment dan reabilitas Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara metode pembelajaran diskusi dengan motivasi belajar siswa hal ini dibuktikan dengan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,589 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 58,9 % dan sisanya sebesar 41,1 % dipengaruhi atau ditentukan oleh faktor lain.