Pengaruh persepsi siswa mengenai komitmen guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Agama Kristen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Persepsi siswa mengenai komiten guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Agama Kristen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling yang berjumlah 196 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Motoling sebanyak 100 siswa kemudian cara pengambilan dengan proportionate stratified random sampling (Riduwan, 2011). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan arsip data. Angket tentang Persepsi Siswa mengenai Komitmen Guru dan Motivasi Belajar Siswa diberikan kepada siswa untuk mendapat data untuk variabel bebas X1 dan X2. Angket diambil dari beberapa sumber kemudian dimodifikasi seperlunya (angket terlampir). Sehingga angket tersebut perlu diuji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Sedangkan untuk variabel Y adalah arsip data hasil ujian semester ganjil Agama Kristen tahun ajaran 2020/2021