PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN MENTAL DAN SPIRITUALITAS ANAK DI PAUD SHEKINAH GLORY SONDER

Main Article Content

Vitrya Ireyne Yuki Pongoh

Abstract

Pendidikan adalah sebuah sarana untuk memberdayakan generasi penerus-penerus bangsa. Pendidikan bertujuan membawa anak-anak memiliki kecerdasan baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Masyarakat menaruh harapan yang besar terhadap pendidikan di bangsa ini karena Pendidikan akan sangat mempengaruhi perkembangan anak. Guru berada di garda terdepan untuk dapat membimbing peserta didik. Sangatlah penting membentuk kepribadian anak sejak usia dini karena anak usia dini adalah kelompok usia yang mudah dibentuk dan mudah menerima didikan. Permasalahan yang terjadi, banyak sekolah lebih menekankan pengetahuan secara kognitif atau psikomotorik dan kurang memperhatikan nilainilai afektif. Nilai-nilai afektif menyangkut mental dan spiritualitas anak. Seharusnya guru dapat mengimbangi tujuan-tujuan pendidikan tersebut. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan merupakan hal yang penting, tetapi membentuk mental dan spiritualitas anak harus menjadi prioritas. Karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan mental dan spiritualitas anak di Paud Shekinah Glory Sonder. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Adapun pengumpulan data melalui studi pustaka, field research, dan wawancara.

Article Details

Section
Articles