Korelasi Ketrampilan Dengan Kinerja Dosen Sekolah-Sekolah Tinggi Teologi Di Kota Manado Tahun 2019
Main Article Content
Abstract
Dosen teologi memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam proses pembelajaran teologi, lebih dari sekedar memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di lembaga pendidikan tinggi agama Kristen. Karena itu, dosen teologi hendaknya mengembangkan potensi dan kompetensi dirinya secara optimal dan progresif dalam hal ketrampilan. Kajian ini dibatasi pada ketrampilan dalam korelasinya dengan kinerja dosen STT di Kota Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi Ketrampilan dengan Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Teologi di Kota Manado. Responden terdiri dari 44 orang Dosen Sekolah Tinggi Teologi di Kota Manado. Kuesioner merupakan instrumen untuk mengumpulkan data. Kajian statistik menggunakan Pearson Product Moment secara manual. Hasil perhitungan Korelasi Product Moment Pearson mengenai korelasi antara Keterampilan dengan Kinerja Dosen menghasilkan angka indeks korelasi yang positif, namun kurang kuat sebesar, 0.63. Angka indeks ini kemudian dikonsultasikan pada table harga kritik dari r Product Moment, dimana harga r dalam table kritik dengan jumlah N = 44 serta derajat kepercayaan 95% adalah 0.297, maka indeks r xy hitung > dari nilai table yaitu: 0.63 > 0.297. Sedangkan jumlah sampel yang sama pada derajat kepercayaan 99% nilai r table adalah 0.384, maka indeks rxy hitung > dari nilai table yaitu: 0.63 > 0.384, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesa nol (H0) yaitu tidak ada hubungan antara keterampilan dengan kinerja dosen ditolak, atau dengan kata lain, bahwa keterampilan berhubungan secara positif dengan kinerja dosen. Sehingga penerimaan Hipotesa Alternatif (Ha) yaitu terdapat hubungan antara keterampilan dengan kinerja dosen. Hubungan ini bersifat positif, yakni bahwa semakin tinggi keterampilan maka semakin tinggi/kuat pula kinerja dosen. Dilihat dari tinggi-rendahnya hubungan, dimana hasil rxy hitung adalah 0.63 berada dalam rentang 0.60 – 0.80 yang berarti antar keterampilan dan kinerja dosen mempunyai hubungan yang kuat/tinggi. Dengan kata lain, kontribusi keterampilan terhadap kinerja dosen adalah 63.0%, sisanya adalah berasal dari kontribusi dari faktor atau variabel lain, sebesar 37.0%. dianjurkan agar kinerja dosen sekolah-sekolah teologi di kota Manado untuk meningkatkan ketrampilan sebagai kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan.