PENERAPAN PENGGUNAAN METODE BELAJAR KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Karya ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan penggunaan metode belajar kerja kelompok dalam pembelajaran di Sekolah. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun pengumpulan data melalui Studi Pustaka dan Field Research. Penerapan pengunaan metode belajar kerja kelompok dalam pembelajaran akan memberikan keunggulan sebagai berikut: Ditinjau dari segi pedagogis, kegiatan kelompok akan dapat meningkatkan kualitas kepribadian siswa, seperti adanya kerjasama, toleransi, berpikir kritis, dan disiplin. Ditinjau dari segi psikologis, timbul persaingan yang positif antar kelompok karena mereka bekerja pada masing-masing kelompok. Ditinjau dari segi sosial, anak yang pandai dalam kelompok tersebut dapat membantu anak yang kurang pandai dalam menyelesaikan tugas.
Kata kunci: Metode belajar kerja kelompok, Pembelajaran di Sekolah