STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAK DIERA PANDEMI COVID-19 DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS WILAYAH KAWANGKOAN

Main Article Content

Meri Christin Keles

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan peserta didik yang saling bertukar informasi. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Namun dari pengamatan saat ini tentang pembelajaran ditengah pandemi covid-19 tidaklah efektif bagi para siswa ketika mengiku pembelajaran. Ini menimbulkan pertanyaan apa strategi pembelajaran yang tepat? Seberapa efektik strategi pembelajaran diera pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar peserta didik? Konsep pembelajaran yang tepat diera pandemi covid-19 untuk peserta didik dalam upaya mempertahankan motivasi belajar? Sehingga pendidikan yang berjalan tetap sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Article Details

Section
Articles